Pembuatan Kandang Jangkrik

Jangkrik memang sudah terkenal sebab suara merdu yang dihasilkan setiap malam dan membuat lingkungan yang sepi menjadi dipenuhi dengan suara hewan yang satu ini. 

Pembuatan Kandang Jangkrik
Pembuatan Kandang Jangkrik 

Jangkrik sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai pakan burung kicau, umpan memancing, atau diolah menjadi panganan yang bernilai nutrisi tinggi. Karena memang kandungan nutrisi tinggi. Karena memang, kandungan nutrisi di dalam jangkrik sangat tinggi dan layak untuk kita jadikan sumber nutrisi tubuh. 

Pembuatan Kandang Jangkrik
Pembuatan Kandang Jangkrik 

Nah untuk kalian yang masih mau coba-coba untuk beternak jangkrik, kita diartikel ini akan membahas bagaimana cara membuat kandang jangkrik.

Kandang jangkrik bisa terbuat dari triplek yang dirancang seperti peti namun diberi kaki-kaki untuk menghindari semut. Nantinya pada kaki-kaki tersebut diberi wadah berupa botol yang dipotong dan diisi dengan air agar predator tidak bisa naik.

Pembuatan Kandang Jangkrik
Pembuatan Kandang Jangkrik 

Untuk membuat kandang bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 
  1. Siapkan kayu reng/kayu untuk memasang genting yang diapasang diatas pasak. Kayu ini dipakai untuk rangka box/kandang pemeliharaan jangkrik.
  2. Sediakan triplex/plywood yang nanti dipakai untuk tembok atau dinding dan alas kandang/box
  3. Jangan lupa paku yang dipakai untuk merakit reng dan triplex menjadi box/kandang jangkrik.
  4. Siapkan juga lumpur sawah untuk melumuri dinding kandang, ada juga yang memakai semen putih/mill
  5. Sediakan juga solasi atau lakban coklat yang dipakai untuk pembatas dibagian atas kandang agar jangkrik tidak dapat kabur.
  6. Waring/jaring ikan dipakai untuk penutup bagian atas supaya predator seperti ngengat dan tokek dan cecak tidak masuk kedalam kandang saat keadaan terbuka.
  7. Bambu yang digunakan untuk bahan pembuat tutup kandang yang dipadukan dengan terpal plastik.
  8. Terpal plastik untuk penutup kandang.

     
    Pembuatan Kandang Jangkrik
    Pembuatan Kandang Jangkrik 
Setelah semua bahan untuk kandang jangkrik sudah siap, sekarang kalian tinggal membuatnya. Berikut adalah cara atau langkah-langkah untuk pembuatan kandang jangkrik. 
  • Kotak terbuat dari papan atau tripleks dengan tulang dari kayu kaso/kayu reng. Ukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30-40 cm.
  • Gunakan lem atau semen pada setiap sambungan dan sudut peti. Gunanya agar jangkrik yang baru menetas tidak keluar lewat celah sambungan. Ukuran jangkrik baru menetas sangat kecil.
  • Permukaan bagian atas harus bisa dibuka tutup dengan menggunakan engsel.
  • Pada sisi muka dan belakang diberi lubang ventilasi. Ukuran lubang ventilasi 50 x 7 cm, posisi lubang sekitar 10 cm dari atas (lihat gambar). Ventilasi ditutup dengan kasa kawat ukuran halus agar jangkrik kecil tidak bisa kabur.

     
    Pembuatan Kandang Jangkrik
    Pembuatan Kandang Jangkrik 
  • Pada sisi pinggir diberi celah atau cantelan untuk pegangan. Gunanya untuk memudahkan mengangkat atau menggeser peti.
  • Pada sekeliling sisi bagian dalam, kira-kira 10 cm dari atas, berikan isolasi plastik. Gunanya agar jangkrik tidak merayap ke atas.
  • Pasang kaki-kaki pada keempat sudut peti, kira-kira tingginya 10 cm. Keempat kaki-kaki tersebut nantinya diletakan pada mangkung yang diisi air atau cairan lain. Gunanya untuk mencegah hama seperti semut masuk ke dalam kandang.

     
    Pembuatan Kandang Jangkrik
    Pembuatan Kandang Jangkrik 
Kalian juga bisa membuat kandang jangkrik bersusun untuk menghemat tempat. Kandang jangkrik sebaiknya diletakan didalam ruangan yang gelap, tidak terkena sinar matahari langsung. Selain terlindung dari sinar matahari langsung, ternak jangkrik juga membutuhkan ketenangan. 

Pembuatan Kandang Jangkrik
Pembuatan Kandang Jangkrik 

Oke geng, jadi itu dia untuk pembuatan kandang jangkriknya. Untuk teman-teman yang saat ini sedang membutuhkan telur jangkrik, kalian bisa langsung saja order di wa kita 085646415014 dengan harga Rp 300.000 perkilonya. 

Pembuatan Kandang Jangkrik
Pembuatan Kandang Jangkrik 

Telur jangkrik kita ini memiliki kualitas unggul dan dengan daya tetas hingga mencapai 98% ya geng. Dan kita juga sudah biasa mengirimkan telur jangkrik untuk keluar kota bahkan ke luar pulau. Jadi kalian tidak perlu lagi takut jika ingin order telur jangkrik. Semuanya pasti aman geng. 

Yang masih bingung dengan cara pembuatan kandang jangkrik, kalian bisa lihat dibawah ini geng videonya. 


Sekarang percaya dengan ualitas telur jangkrik kami kan ges. Telur jangkrik kita benar-benar kualitas unggul geng. Kalian bisa langsung saja order di wa kita 085646415014 atau juga bisa kalian order di market place kita dengan alamat




Oke geng, sekian dulu untuk info hari ini. Kalian yang mau order segera saja kalian order. Kita selalu ready stok setiap hari. Dan sampai jumpa di artikel kita yang lainya. 

Comments