Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Proses penetasan telur merupakan langkah awal dalam kegiatan budidaya jangkrik yang harus dioptimalkan, spaya usaha ternak jangkrik anda dapat berjalan dengan lancar. Berikut tips-tips cara menetaskan telur jangkrik,

Tahapan dalam menetaskan telur jangkrik sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, namun proses singkat ini cukuplah penting. Bagi anda para pemula, hal itu kenapa/ karena jika proses penetasan itu gagalmaka jelas kerugian akan menimpa usaha ternak jangkrik anda.

Dalam ternak jangkrik ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk menetaskan telur yaitu meliputi, penetasan telur menggunakan media pasir dan penetasan telur jangkrik media kain. Kedua cara ini sama-sama efektif, tergantung anda lebih menyukai cara yang mana. Ini dia cara menetaskan telur supaya usaha ternak jangkrik lebih optimal.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik
Cara Menetaskan Telur Jangkrik

1. Penetasan telur jangkrik menggunakan media pasir
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Siapkan telur jangkrik, bisa anda dapatkan melalui ternak jangkrik sendiri atau dengan membeli di peternak jangkrik yang sudah ada.
- Kemudian siapkan media pasir, lakukan pengayaan hingga halus dan pastikan bersih terhindar dari kotoran.
- Agar telur pasir terhindar dari bakteri atau jamur maka sebaiknya pasir yang digunakan dicuci dan dijemur atau bisa didangrai terlebih dahulu agar lebih seteril.
- Siapkan media nampan untuk meletakkan pasir,
- Masukkan pasir kedlam nampan secara merata, ketebalan cukup 1-2 cm saja.
- Selanjutnya taburkan telur secara merata pada media pasir, tutup kembali dengan pasir, tidak usah terlalu tebal yang penting telur tidak terlihat dan tertutup pasir
- Pindahkan nampan yang sudah terisi telur ke kandang ternak jangkrik yang sudah disediakan. Pastikan kandang tidak tercampur dengan kandang ternak jangkrik dewasa.
- Lakukan pengontrolan secara berkala, dengan menyemprot halus pada media pasir, agar kelembapan tetap terjaga (jangan terlalu basah)
- Biasanya dalam waktu 10 hari telur-telur jangkrik sudah mulai mentas

Cara Menetaskan Telur Jangkrik

2. Penetasan Telur Jangkrik dengan Media Kain
Proses penetasan telur dalam ternak jangkrik menggunakan media kain sebenarnya prinsipnya hampir sama dengan media pasir, hanya saja media yang harus anda siapkan adalah berupa kain. Proses penetasan telur dalam ternak jangkrik semestinya harus anda lakukan secara optimal supaya hasil yang anda peroleh lebih optimal.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda siapkan:
- Siapkan media kain, potong kain menjadi ukuran (25x25cm) atau dapat sesuai kehendak anda.
Masukkan telur jangkrik yang sudah disiapkan kedalam kain. Pastikan telur jangkrik diletakkan ditengah-tengah supaya mudah untuk melipat kain.
- Lipat kain dari tiap sisi, berikan kelonggaran, untuk jalan keluar anak jangkrik yang sudah menetas.
- Pindahkan kain yang sudah terisi telur ke dalam nampan, kemudian letak kedalam kandang kotak untuk pemeliharaan jangkrik.
- Semprot kain secara teratur supaya kelembapan kain tetap terjaga.
- Cek telur secara teratur, perhatikan perkembangan telur jangkrik sebelum melakukan penyemprotan.
- Telur jangkrik siap menetas, dapat dilihat pada perubahan warna telurnya yaitu pada awal berwarna putih muda, kemudian telur berubah menjadi kekuningan, dan setelah usia 9 hari telur akan berubah menjadi kehitaman yang menandakan telur jangkrik akan menetas.
Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Untuk menjalankan sukses bisnis ternak jangkrik, memahami cara menetaskan telur sangat perlu anda pahami. Karena rata-rata usaha ternak jangkrik itu dimulai dari pembelian bibit berupa telur. Bagi anda yang ingin melakoni usaha ternak jangkrik tidak usah ragu, dn langsung saja melakukan pembelian telur jangkrik dengan kami, karena disini kami merupakan supplier telur jangkrik yang sudah banyak dipercaya oleh para peternak jangkrik diseluruh Indonesia , dengan harga yang muarah, packing aman dan dijamin 98% menetas. Langsung saja hubungi 085646415014

Link Video:
Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Cara Menetaskan Telur Jangkrik
 

Comments