Budidaya Jangkrik Awal

Untuk memulai budidaya jangkrik, biasanya hal-hal yang anda siapkan muadah didapatkan, akan tetapi dalam proses budidaya diperlukan kecermatan dan ketekunan lebih dari biasanya. Di sinilah letak kesulitannya, karena hanya sedikit pembudidaya yang mampu melakukannya.

Bgi anda yang masih pemula, langkah-langkah berikut ini akan membantu anda dalam proses budidaya jangkrik. Proses tersebut meliputi, persiapan lokasi budidaya, cara membuat kandang, memilih indukan jangkrik, dan cara mengembangbiakkan jangkrik.
Budidaya Jangkrik Awal

1. Memilih lokasi budidaya
Lokasi merupakan salah satu faktor vital dalam semua jenis budidaya. Upaya lokasi budidaya jangkrirk sesuai dengan habitat jangkrik saat di alam bebas. Jangkrik mempunyai habitat alami yang bersifat gelap dan tenang. Itulah sebabnya, lokasi budidaya jangkrik harus jauh dari pusat keramaian, kondisinya tidak terlalu terang, dan sirkulasi udaranya lancar.

Pada lokasi yang suhunya terlalu dingin, jangkrik cenderung berperilaku kanibal karena enggan mencari makan diluar. Sebaliknya, pada suhu yang sangat panas, kematian populasi jangkrik meningkat. Syarat minimal suhu lokasi budidaya yakni berkisar antara 25-3 derajat celcius yang terletak di ketinggian 1500-1800 mdpl

Budidaya Jangkrik Awal
2. Pembuatan kandang
Kandang merupakan tempat berteduhnya, berproduksi dan bereproduksi semua jenis hewan budidaya. Dlam budidaya jangkrik, kandang dibuat berdasarkan fungsinya. Misalnya, jangkrik indukan berada dikandang indukan, sedangkan jangkrik anakan dalam masa pertumbuhan diletakkan dikandang pembesaran.
Tahap Pembuatan kandang langsung simak video dibawah ini gess..

Link Video:

3. Peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya
Adapun alat-alat yang dibutuhkan dalam proses budidaya jangkrik bertujuan untuk memperlancar kegiatan budidaya jangkrik. Alat-alat tersebut terdiri dari egg tray, nampan, baskom, sprayer, dan ayakan.
Penggunaan  egg tray pada kandang jangkrik bertujuan untuk menciptakan suasana gelap seperti habitat aslinya. Egg tray disusun keatas di dalam kandang dan membentuk celah-celah yang akan ditinggali beberapa ekor jangkrik.
Sementra peralatan lainnya, seperti nampan dan spray biasanya digunakan pada kandang indukan. Nampan dipakai untuk menampung pasir, sedangkan spray untuk menyemprot kandang agar tetap lembab.

Budidaya Jangkrik Awal
Budidaya Jangkrik Awal
4. Memilih Bibit Jangkrik yang Baik
Populasi jangkrik jumlahnya masih melimpah. Namun, tidak semua jenis jangkrik dapat dibudiadayakan, mendapatkannya pun tidak mudah karena jangkrik hidup secara individu. itulah sebabnya, jika ingin memperoleh jangkrik dari alam, anda harus meneliti satu persatu dari setiap jenisnya. Jumlah jangkrik untuk budidaya minimal seribu ekor, jika anda mencari sendirian di alam, tentu waktu yang dibutuhkan sangat lama.

JUAL TELUR JANGKRIK 
HUBUNGI 08546415014
DIJAMIN 98% MENETAS, PENGIRIMAN CEPAT DAN AMAN
 
Alangkah lebih baiknya pemula membeli telur jangkrik dari peternak jangkrik yang sudah terpercaya dengan jangkrik yang diperoleh yaitu dari alam, nanti pemula tinggal menetaskan sendiri dengan cara sebagai berikut:

Link video:

Setalah anda berhasil untuk menetasakan telur jangkrik, anda bisa melanjutkan dalam tahap perawatan, detailnya supaya lebih jelas langsun disimak gengs..

Link Video:
Budidaya Jangkrik Awal

Budidaya Jangkrik Awal

Budidaya Jangkrik Awal

Budidaya Jangkrik Awal

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melaluis situs Tokopedia pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link:





Comments

Popular posts from this blog

Ternak Jangkrik Jombang

peluang bisnis terkini

peluang bisnis kecil kecilan