Biaya Budidaya Jangkrik, Sangat Minim





Dalm beernak jangkrik harus sangat diperhitugkan modal awal yang akn dikeluarkan. Walapun ternak jangkrik ini adlah usaha yang memrlukan modal relatif lebih kecil dari usaha lainnya, tidak ada salahnya jika kita menganalisa secara detail agar usaha yang kita gunakan semakin berkembang. Berikut kami akan tunjukkan kisaran Biaya Budidaya Jangkrik


1.  Lokasi Kandang

Untuk lokasi kandang, jika anda masih pemula, bisa menggunakan salah satu ruangan di dalam rumah yang cukup sepi dari keramaian. Nah, karena menggunakan ruangan di dalam rumah, makan biaya untuk lokasi kandang bisa kita buat free alias nol rupiah.

2. Pembuatan Kandang

Kandang jangkrik biasanya terbuat dari triplek yang berukuran  200x60x30cm. Penggunaan triplek ini memakan biaya yang relatif sedikit daripada kayu, dengan masa penggunaan yang lumayan awet. Untuk mendapatkan boks triplek berukuran tersebut, anda memerlukan biaya sekitar Rp 300.000. Kelebihan lain dari penggunaan triplek ini, anda tidak perlu memikirkan kandang lagi untuk pemeliharaan jangkrik selanjutnya.

3.  Penyediaan Media Hidup Jangkrik

Media hidup jangkrik biasanya terbuat dari eggtray bekas ataupen klaras. Jika menggunkan eggtray bekas, anda pelu menyiapkan setidaknya 3 ikat. 1 ikatnya sendiri biasanya dibanderol dengan harga Rp 25.000. Jadi, untuk sekali panen anda membutuhkan biaya Rp 75.000 untuk penyediaan media sembunyi ini. Namun eggtray bekas ini masih bisa dipakai 2 kali lho. Tetapai jangan lupa untuk menjemurnya apabila dipakai untuk pemeliharaan jangkrik berikutnya. Selain eggtray bekas, anda juga dapat menggunakan klaras. Jika menggunakan klaras, biaya untuk media sembunyi ini menjadi lebih sedikit. Tetapi, anda harus rajin menambahkan klaras karena mudah lembab.

4.  Biaya Pakan Jangkrik

Pakan jangkrik yang paling baik adalah tepung voor ayam. Dalam sekali pemeliharaan, biasanya dibutuhkan sekitar 1 sak tepung voor ayam seharga Rp 370.000. Selain itu, anda juga harus menyediakan sayuran untuk minum jangkrik. Pemberian sayuran bisa anda selingi denagn batang pohon pepaya ataupun pohon pisang agar lebih hemat. Estimasi untuk pengeluaran sayuran ini adalah Rp 90.000. Jadi dalam sekali pemeliharaan, jangkrik menghabiskan sekitar Rp 460.000 untuk biaya pemeliharaan.


Total estimasi biaya jangkrik dalam satu kali pemeliharaan adalah Rp 300.000+90.000+460.000 = Rp 850.000. Tapi ingat, itu biaya permulaan beserta pembuatan kandang jangkrik. Untuk biaya selanjutnya, estimasi biayanya dikurangi Rp 300.000, jadi sebesar Rp 550.000 . Biaya tersebut masih  bisa anda tekan  dengan menggunaan eggtray sebanyak 2 kali.

Untuk estimasi hasil ternak jangkrik sendiri, bisa kita hitung juga. Biasanya 1 kilogram jangkrik dihargai Rp 35.000. Nah angak 35 ribu itu kita kalikan dengan hasil panen kita. Rata-rata hasil panen peternak adlah sekitar 65 kg. Jadi 65x Rp35.000 = Rp 2.275.000. Wow 100% lebih kan margin keuntungannya? Makanya, cobain deh beternak ajngkrik sekarang.

Untuk mencapai hasil panen yang maksimal tersebut, diperlukan telur jangkrik dengan kualitas uper. Nah, telur jangkrik kualiltas super ini hanya bisa kamu peroleh di Surya Guna. Surya Guna adalah produsen telur angkrik terpercya yang menghasilkan telur kualitas premium. Mkaanya urusan telur ajngkrik selalu percayakan pada Surya Guna.









UNTUK PEMESANAN TELUR JANGKRIK KUALITAS SUPER, SILAHKAN LANGSUNG MENGHUBUNGI KONTAK SURYA GUNA DI BAWAH. ADA PROMO MENARIK JUGA LHO BUAT KAMU YANG ORDER TELUR JANGKRIK DI SURYA GUNA.


Kontak Whatsapp Surya Guna
🛒 Surya Guna @ Bukalapak https://www.bukalapak.com/u/suryaguna
🛍 Surya Guna @ Tokopedia https://www.tokopedia.com/suryaguna
🛒 Surya Guna @ Shopee  https://shopee.co.id/suryaguna
🛒 Surya Guna @ Lazada  https://www.lazada.co.id/shop/suryaguna
🚨 Surya Guna @ Facebook  https://facebook.com/SuryaGunaGrosir
📢 Surya Guna @ Youtube https://youtube.com/suryaguna
🎤 Surya Guna @ Google https://www.suryaguna.com
Lokasi workshop di google maps https://g.co/kgs/GeiU3T

Comments